Tips Sebelum Pesan Kaos

1. Jenis bahan kaos

Tentukan jenis bahan kaos yang anda kehendaki. Jenis bahan kaos biasanya katun combad, katun carded, TC, hyget, atau PE. Masing-masing bahan memiliki karakteristik yang berbeda, harga pun berbeda. Jika anda tidak mengerti jenis bahan kaos yang hendak anda gunakan, anda bisa membawa contoh kaos jadi yang anda miliki untuk ditanyakan kepada supplier produksi  anda.

Perhatikan juga warna kaos yang ingin anda pesan anda. Bahan kaos pada umumnya memiliki rage warna yang sangat luas, pastikan anda memilih warna kaos dengan bahan yang sudah tersedia di pasaran.

2. Model & Ukuran kaos

Pastikan anda mengetahui jenis kaos yang hendak anda pesan. Apakah model kaos berkerah, atau model kaos oblong. Lebih detil lagi, apakah ada variasi jahitan, misalkan warna kerah atau warna lengan yang berbeda dengan warna body kaos.  Selain model, perhatikan ukuran yang anda kehendaki.  Perlu diketahui bahwa tidak ada standar baku dalam ukuran S/M/L/XL, masing-masing vendor memiliki standar yang berbeda. Sama seperti diatas, akan lebih baik jika ada contoh kaos yang sudah jadi untuk mempermudah proses produksi kaos anda.

3. Design kaos

Perlu anda ketahui bahwa setiap design memerlukan perlakukan yang berbeda dalam proses produksi kaos. Jenis design pada kaos sendiri pada umumnya bordir untuk kaos kerah, atau sablon untuk kaos oblong. Tidak semua design bisa di-bordir, namun demikian, hampir semua design bisa di-sablon.

4. Jenis Sablon

JIka anda memutuskan untuk membuat kaos oblong yang disablon, anda harus memperhatikan jenis sablon. Sablon memiliki banyak variasi, baik jenis sablon digital, maupun jenis sablon manual. Untuk jenis sablon digital, bisa menggunakan transfer paper, sticker, grow in the dark, flocking, dan masih banyak lagi. Biaya sablon digital biasanya lebih mahal daripada sablon manual. Keunggulan sablon digital adalah bisa menangkap gambar-gambar detil pada design kaos anda. Misalkan, anda hendak mencetak foto pada kaos, maka anda harus menggunakan sablon digital. Perlu diperhatikan bahwa kelemahan sablon digital adalah cenderung tidak awet, apalagi jika kaos tidak dirawat dengan benar.

Jika anda memutuskan untuk menggunakan sablon manual, maka perhatikan jenis tinta sablon yang digunakan. Yang umumnya dipakai andalah jenis tinta pigment extender (menyerap di kaos) dan jenis tinta rubber pasta (menempel pada kaos). Keduanya menghasilkan warna dan karakteristik yang berbeda pada kaos.

5. Berikan brief secara jelas dan tertulis

Brief adalah, perintah kerja yang diberikan oleh anda, kepada supplier produksi kaos anda. Brief ini biasanya ditulis pada selembar kertas, berisi spesifikasi kaos yang hendak diproduksi. Di dalam brief harus tercantum:  jenis bahan kaos, ukuran kaos, model jahitan, dan lampirkan design anda, termasuk warna dan posisi gambar. Sebaiknya anda bawa print design anda kepada vendor. Brief ini akan menjadi acuan bagi vendor untuk memproduksi kaos. Dengan adanya brief, kecil kemungkinan terjadi kesalahan produksi.

6. Harga dan jumlah pesanan

Prinsip yang berlaku dalam dunia konveksi adalah, semakin banyak jumlah yang anda pesan maka anda akan mendapatkan harga yang semakin murah.  Jika anda serius untuk berbisnis kaos, untuk setiap design buatlah minimal 4 lusin. Dengan jumlah tersebut anda akan bisa mengetahui apakah design anda bisa diterima oleh pasar atau tidak dan anda bisa memperoleh harga yang kompetitif.  Jumlah yang terlalu sedikit akan membuat anda cenderung menebak-nebak, apakah design anda bisa diterima pasar, atau hanya kebetulan terjual. Sedangkan jumlah yang terlalu banyak, akan menimbulkan resiko stock yang terlalu tinggi.
 
 
Sumber : http://andalasclothing.com

~ by griyadesignjogja on May 16, 2011.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: